Nurbaiti

Wanita berhijab ini, tinggal di Jakarta Timur, aktifitasnya sebagai pendidik dan pengajar di SMA Negeri 61 Jakarta. Kepo dengan ilmu yang berhubungan denga...

Selengkapnya
Navigasi Web
WEBINAR Internet Pendidikan Jabodetabek I

WEBINAR Internet Pendidikan Jabodetabek I

#tantangan GuruSiana hari ke-66

Telah berlangsung dengan sukses sebuah kegiatan webinar (web-seminar) Internet Pendidikan Jabodetabek I, pada hari Selasa, 2 Juni 2020, pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Kegiatan tersebut dimoderatori atau pembawa acara (host) oleh Bapak Muhamad Ihsan, Pemimpin Umum MediaGuru, CEO Gurusiana. Lalu siapakah pembicara utama (Keynote Speaker) dalam kegiatan itu? Beliau adalah Bapak Moh. Salim Somad, S.Kom., M.Pd yang menjabat sebagai Kepala LPMP DKI Jakarta.

Tidak hanya pembicara kunci yang hadir, Bapak Muhamad Ihsan juga mengundang empat orang nara sumber yang beken n keren dari media guru untuk berbagi pengalaman mereka yangsudah diterapkan di sekolahnya di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini. Mereka adalah:

1. Bapak Haryanto S.Kom., M.Si

Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP DKI Jakarta

2. Ibu Tuti Agiawati, S.Pd., MM

Kepala SDN Rambutan 03 Jakarta

3. Bapak Dr. Asep Tisna

Guru SDN 03 Klender Jakarta

4. Ibu Valeria Sonata, S.Si., MM., M.Th

Guru SMA Ichthus Jakarta

Acara ini hanya bisa diikuti oleh 300 orang peserta yang mendaftar sesuai dengan kuota zoom meeting dan yang berhasil bergabung sampai pertengahan acara kurang dari 300 peserta. Sementara peserta yang belum berhasil bergabung dapat mengikuti live streaming via youtube.

Adapun tema pada kegiatan webiner yang diadakan oleh mediaguru ini adalah internet Pendidikan. Tema yang sangat sesuai situasi yang dialami oleh pendidik dan peserta didik sekarang ini. Jadi guru dapat memanfaatkan internet dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Melalui kegiatan webinar ini, guru diajak untuk membuka wawasan dan terus belajar bagaimana meningkatkan pelayanan kepada siswanya melalui daring atau pembelajaran jarak jauh. Untuk itulah keempat nara sumber akan membagi pengalaman mereka dalam pembelajaran jarak jauh.

Webinar Internet Pendidikan Jabodetabek I ini terselenggara berkat kerjasama mediaguru dengan indosat. Kegiatan ini boleh dikatakan “meriah” karena diikuti tidak hanya peserta dari Jabodetabek, tapi banyak yang bergabung dari luar Jabodetabek bahkan dari luar jawa. Hal ini bisa saja terjadi karena webinar ini bisa diikuti oleh seluruh peserta di rumah masing-masing secara virtual. Luar biasa bukan?. Mari kita simak sekilas kegiatannya.

Pak Ihsan sebagai host langsung memandu langsung kegiatan webinar ini secara utuh, dari pembukaan sampai penutup. Bapak CEO Mediaguru ini, memulai dengan berdoa, kemudia menyampaikan beberapa informasi diantaranya adalah Mediaguru sudah melaksanakan 6 kegiatan yaitu Sagusabu, Mengubah KTI menjadi Buku, Pelatihan Best Practise, Menyusun PTK dan PTS, Sasisabu dan Webinar.

Selanjutnya sambutan dari pihak indosat, sebagai bukti bahwa kegiatan webinar yang kesekian kali ininya ini terselenggara karena adanya kerjasama mediaguru dengan indosat. Bu Eva sebagai perwakilan dari Indosat sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan seperti ini.

Pak Salim Somad sebagai Kepala LPMP DKI Jakarta dalam sambutannya menyampaikan antara lain akan melaksanakan program-program LPMP yang bisa diikuti oleh para guru. Mengajak guru untuk bisa menulis dan mengisi jurnal di LPMP.

Sekarang kita simak, apa kata nara sumber yang sudah menerapkan ilmunya dengan memanfaatkan internet pada PJJ dengan berbagai macam aplikasi yang mereka gunakan.

Kesempatan pertama, Bapak Haryanto S.Kom., M.Si. beliau ini sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP DKI Jakarta. Menurutnya supaya tidak membosankan dalam mengajar maka seorang guru harus aktif, kreatif, inovatif dalam mendesain pembelajaran, misalnya dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Kesempatan kedua, Ibu Valeria Sonata. Beliau ini menggunakan Aplikasi VR (Virtual Reality) dalam PJJ mata pelajaran kimia yang diampunya. menurutnya aplikasi VR berupa animasi pembelajaran 3 dimensi ini dapat dibuat oleh siswa dan dapat digunakan untuk semua mata pelajaran.

Kesempatan ketiga Ibu Tuti Agiawati, S.Pd., MM. Beliau ini kepala SDN 03 Kampung Rambutan, Jakarta. Menurutnya dalam pembelajaran jarak jauh mendapatkan respon yang sangat luar biasa dari para siswanya pada saat menggunakan aplikasi GSE

Kesempatan keempat Dr. Asep Sutisna. Beliau ini guru SDN Klender Jakarta Timur. Menurutnya mengajar dengan menggunakan Hypno Teaching Daring membawa kebahagiaan tersendiri.

Untuk menyemangati peserta dalam hal tulis menulis, di sesi terakhir Pak CEO mengundang beberapa penulis yang sudah berhasil mengubah KTI menjadi buku. Mereka bercerita bagaimana semagatnya menyelesaikan tugas mengubah KTI menjadi buku kurang dari satu bulan. Luar biasa.

Paling akhir Host menutup webinar dengan memberi salam.

Itulah sekilas yang bisa saya laporkan sebagai “Reporter dadakan”. Untuk lebih jelasnya silakan nonton video (youtube) pada link dibawah ini. .

Ujung Harapan, 4 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

05 Jun
Balas

Terimakasih pak Donni

05 Jun

Keren, Bu Nur

05 Jun
Balas

Terimakasih Bu Siti

05 Jun

Wah.. Orang2 hebat semua..

08 Jun
Balas



search

New Post